Jembrana, mediaswarabhayangkara.com_Bertempat di Wantilan Pura Puseh Desa Adat Dharma Laksana Kaliakah Kauh, Kec. Negara Kab. Jembrana, Senin (16/5) pukul 10.10 s.d. 10.40 Wita, Kapolres Jembrana diwakili Kapolsek Negara Kompol I Gusti Made Sudarma Putra, S.Sos., S.H., M.AP. mendampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. melaksanakan penyerahan bantuan dalam Upacara Pengabenan Kolektif (Atma Wedana) dan Metatah Kolektif, Desa Kaliakah, Kec. Negara, Kab. Jembrana.

Hadir pula dalam acara tersebut diantaranya Dandim 1617/Jembrana diwakili Pasi Intel, Camat Negara, Majelis Desa Adat Kab. Jembrana, Ketua PHDI Kab. Jembrana, Ketua FPK Kab. Jembrana, Majelis Desa Adat Kec. Negara sekaligus Ketua Panitia kegiatan, Perbekel/Lurah se-Kec. Negara, Bendesa Adat se-Kec. Negara beserta para perangkat desa lainnya, dan para peserta pengabenan kolektif.

Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Panitia Upacara Pengabenan Kolektif (Atma Wedana) dan Metatah Kolektif Desa Kaliakah, Kec. Negara, Kab. Jembrana I Nengah Sudama, dimana Ketua Panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Jembrana, Kapolres Jembrana yang diwakili oleh Kapolsek Negara, dan para undangan lainnya, dapat kami laporkan bahwa kegiatan hari ini adalah Upacara Metatah Kolektif dengan jumlah peserta yang ikut metatah sebanyak 40 orang se-Kec. Negara dan untuk pelaksanaan Pengabenan Kolektif (Atma Wedana) akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 19 Mei 2022.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. menyampaikan, dikesempatan yang baik ini serta dihadapan Tuhan, mari kita fokuskan pikiran untuk bhakti, semoga Bumi Bali dan Jembrana bisa makmur, tentram dan adanya bencana yang terjadi seperti Pandemi Covid-19 varian omicron bisa segera berakhir dan pergi dari bumi ini, sehingga warga semua bisa kembali melaksanakan kegiatan seperti dulu.

Bupati Tamba mengatakan pelaksanaan Upacara Pengabenan Kolektif (Atma Wedana) sudah membuktikan wujud bhakti kita sebagai umat hindu atau generasi penerus Bali, yang pertama Bhakti kepada Tuhan yang merupakan sang pencipta alam beserta isinya, Kedua Bhakti Kepada Orang Tua yang melahirkan kita kedunia ini.

“Hari ini saya hadir disini dalam rangka memberikan bantuan dan bantuan ini bukan Bupati Jembrana melainkan dari pemerintah Kab. Jembrana untuk pelaksanaan Upacara Pengabenan Kolektif (Atma Wedana) dan Metatah Kolektif di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara Kab. Jembrana. Adapun bantuan yang kami berikan adalah sebesar Rp 275. 000.000,- (dua ratus tujuh puluh lima juta rupiah) semoga dana ini bisa dimanfaatkan untuk kelancaran kegiatan ini,” kata Bupati Tamba.

“Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar, serta saya juga minta kepada panitia dan masyarakat yang hadir dalam acara ini agar tetap mengedepankan protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan jangan membuang sampah sembarangan, mari kita jaga kebersihan perayangan ini,” tutup Bupati.

Selanjutnya dilakukan penyerahan bantuan Upacara Pengabenan Kolektif (Atma Wedana) dan Metatah Kolektif oleh Bupati Jembrana kepada Ketua Panitia sebesar Rp 275. 000.000,- (dua ratus tujuh puluh lima juta rupiah).

Acara dilanjutkan dengan peninjauan prosesi upacara Metatah Kolektif oleh Bupati Jembrana didampingi para undangan dan panitia upacara.

(M Iqbal)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.